Kamis, 20 Februari 2014

Cara Finishing Catur buatan dutachess.com

Kali ini dutachess.com ingin berbagi pengalaman seputar cara atau proses finishing dengan mengunakan bahan melamic pada media catur.

Melamine, saat ini telah menjadi salah satu jenis bahan finishing yang banyak digunakan oleh para pelaku usaha Kerajinan kayu dan furniture untuk memperindah tampilan produknya. Produk catur dari Dutachess.com memilih bahan finishing melamine karena kualitas hasil akhir yang didapat memang terbukti sangat baik, tampilan catur terlihat lebih indah dan elegan, selain itu, hasil akhirnya juga jauh lebih halus daripada menggunakan jenis finishing kayu yang lainnya (politur).
Akan tetapi, cara menggunakan atau mengaplikasikan melamine tidak semudah ketika menggunakan jenis finishing politur. Untuk itu, berikut ini adalah cara atau proses melamine yang dipakai oleh DutaChess.com untuk memfinishing produk caturnya mulai dari mentah hingga siap pakai atau siap jual dengan menggunakan jenis finishing berbahan melamine:
  1. Amplas buah catur dari guratan pisau bubut yang kurang sempurna.
  2. Dempul terlebih dahulu pada bagian cacat kayu seperti mata mati, hati, lubang dll. dalam Hal ini DutaChess.com menggunakan wood filler bahan dari IMPRA.
  3. Setelah dempulnya benar-benar kering, kemudian kuas dengan menggunakan woodfiller encer. (untuk mendapatkan hasil maksimal, sebelum wood filler kering secepatnya di lap menggunakan kain bal / kain majun).
  4. Setelah buah catur benar-benar kering, maka amplas dengan menngunakan ukuran 180 sampai serat kayunya nampak kembali.
  5. Setelah proses ke empat selesai, kemudian dilanjutkan dengan proses pewarnaan pada media catur. (Penting : tahapan pertama hingga kelima harus benar-benar anda kontrol sebab kualitas hasil akhir nanti banyak ditentukan oleh tahapan ini.) 
  6. Jika buah catur yang anda kerjakan tersebut dirasa sudah baik dan cukup kemudian dilanjutkan dengan Sending sealer. (Penting :  Gunakan pewarna pada campuran sending filler bila dirasa warna belum sesuai keinginan.)
  7. Setelah kering, gosok lagi media catur yang sudah disemprot sending sealer tersebut dengan kertas gosok no 400 hingga buluh kayu tidak tampak lagi. 
  8. Semprot lagi dengan sanding sealer yang sudah dicampur tinner. Cara mencampurnya sanding ½ kg : tinner 1 liter (Tiner ND) dan tambahkan hardener secukupnya agar cepat kering. (bila hasil kurang memuaskan, maka bisa dilakukan proses sending sealer lagi) 
  9. Seprot dengan melamine clear, bisa doff, gloss atau semi gloss sesuai selera. Campurannya: clear 1 kg + tinner 1 liter (tiner A spesial) dan hardener secukupnya (jangan terlalu banyak agar hasilnya benar-benar halus. 
  10. Produk catur siap umtuk dipasarkan

Semoga bermanfat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar